Kamis, 09 Juni 2011

Perbedaan Antara Artikel Hasil Penelitian dan Artikel Konseptual

I.       ARTIKEL HASIL PENELITIAN
  1. JUDUL PENELITIAN
      Judul harus menggambarkan temuan penelitian dan variabel-variabel, serta hubungan antar variabel dapat dilihat dalam judul tersebut. Judul artikel maksimal terdiri dari 12 kata.
  1. ABSTRAK DAN KATA KUNCI
Abstrak memuat uraian mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, temuan dan kontribusi hasil penelitian secara ringkas. Abstrak disajikan di bagian awal penelitian dengan font Times New Roman 11, disusun dalam satu paragraf, terdiri dari 100 sampai 150 kata, dan diikuti dengan sedikitnya empat kata kunci (keywords).
  1. PENDAHULUAN
      Bagian ini berisi tentang latar belakang (motivasi) penelitian, rumusan masalah penelitian,  pernyataan tujuan, dan organisasi penulisan (jika dipandang perlu).
  1. KERANGKA TEORITIS DAN PENGEMBANGAN HIPOTESIS (JIKA ADA)
      Bagian ini memaparkan kerangka teoritis berdasarkan telaah literatur yang menjadi landasan logis untuk mengembangkan hipotesis atau proposisi penelitian dan model penelitian (jika dipandang perlu).
  1. METODE PENELITIAN
      Bagian ini memuat metode seleksi dan pengumpulan data, pengukuran dan definisi operasional variabel, dan metode analisis data.
  1. ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN’
      Bagian ini berisi analisis data penelitian dan deskriptif statistik yang diperlukan, pembahasan mengenai temuan penelitian (pengujian hipotesis jika ada), dan penginterpretasian temuan penelitian.
  1. KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN KETERBATASAN
      Bagian ini menyajikan kesimpulan penelitian, implikasi temuan dan keterbatasan penelitian, serta jika perlu saran yang dikemukakan peneliti untuk penelitian yang akan datang. Bagian ini disajikan tanpa nomor dan dalam bentuk paragraf.
  1. DAFTAR REFERENSI
      Bagian ini memuat semua sumber kutipan dan rujukan yang digunakan dalam penulisan artikel (hanya sumber-sumber yang digunakan yang dimuat dalam daftar referensi).
  1. LAMPIRAN
      Bagian ini memuat tabel, gambar, dan instrumen penelitian yang digunakan.
II.    ARTIKEL KONSEPTUAL
1.   ABSTRAK DAN KATA KUNCI
Abstrak memuat uraian mengenai umum masalah yang dibahas dalam artikel dan hal-hal yang sedang dikritisi secara ringkas. Abstrak disajikan di bagian awal penelitian dengan font Times New Roman 11, disusun dalam satu paragraf, terdiri dari 100 sampai 150 kata, dan diikuti dengan sedikitnya empat kata kunci (keywords).
2.      PENDAHULUAN
      Bagian ini berisi tentang latar belakang (motivasi) penulisan, konteks permasalahan yang dibahas, dan tujuan pembahasan.
3.      PEMBAHASAN
      Bagian ini berisi kupasan permasalahan yang meliputi analisis, argumentasi atau komparasi dan pendirian penulis mengenai masalah yang dibahas.
4.      KESIMPULAN
      Bagian ini menyajikan kesimpulan penulisan atas masalah yang dibahas, termasuk saran-saran, implikasi, dan alternatif-alternatif jika ada. Bagian ini disajikan tanpa nomor dan dalam bentuk paragraf.
5.      DAFTAR REFERENSI
      Bagian ini memuat semua sumber kutipan dan rujukan yang digunakan dalam penulisan  artikel (hanya sumber-sumber yang digunakan yang dimuat dalam daftar referensi).

4 komentar:

  1. Thanks buat artikelnya :)
    Visit Back ---> http://andreas-maxx.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. kok tinjauan pustakanya pada artikel konseptual g'ada ?

    BalasHapus
  3. untuk artikel konseptual ada tidak contohnya?

    BalasHapus
  4. Kok kayak kontol anda saya menyesal telah membuka artikel anda

    BalasHapus