Senin, 01 November 2010

Pembagian sastra menurut Yacob Sumardjo


1. Sastra non-imajinatif
Sastra non-imajinatif memiliki beberapa ciri yang mudah membedakannya dengan sastra imajinatif. Setidaknya terdapat dua ciri yang berkenaan dengan sastra tersebut. Pertama, dalam karya sastra tersebut unsur faktualnya lebih menonjol daripada khayalinya. Kedua, bahasa yang digunakan cenderung denotatif dan kalaupun muncul konotatif, kekonotatifan tersebut amat bergantung pada gaya penulisan yang dimiliki pengarang. Persamaannya, baik sastra imajinatif maupun non-imajinatif, keduanya sama-sama memenuhi estetika seni (unity = keutuhan, balance = keseimbangan, harmony = keselarasan, dan right emphasis = pusat penekanan suatu unsur). Sastra non-imajinatif itu sendiri merupakan sastra yang lebih menonjolkan unsur kefaktualan daripada daya khayalnya dan ditopang dengan penggunaan bahasa yang cenderung denotatif. Dalam prakteknya jenis sastra non-imajinatif ini terdiri atas karya-karya yang berbentuk esai, kritik, biografi, autobiografi, memoar, catatan harian, dan surat-surat.(Sumarjo, Jakob dan Saini, K. M. (1991). Apresiasi Kesustraan. Jakarta: Gramedia.)
Bentuk karya sastra yang termasuk sastra non-imajinatif adalah ;
A. Esai
1). Pengertian
Esai, yaitu karangan pendek tentang suatu fakta yang dikupas menurut pandangan pribadi penulisnya.(2010,http://id.answers.yahoo.com/)
2). Contoh:
Indonesia itu seperti Serigala.
dan PHOENIX itu seperti gerombolan Serigala.
Imperialis, demen berperang, keras, ditempa oleh peperangan.
Di masa lalu tidak ada yang meragukan bahwa Indonesia adalah serigala terkuat dan semua tunduk kepada serigala ini.
Tidak peduli pandangan apa yang kita miliki terhadap serigala, tetap saja serigala memancing rasa kagum dan segan. Meski orang mengatai yang bukan-bukan soal serigala (makhluk keji, licik, atau kadang dikibuli kancil/rusa, atau bahkan penjahat kelamin), tapi bangsa Mongol yang menguasai seperempat lahan dunia pun berasal dari Serigala Kelabu.
Menjelang paruh terakhir versi V1 ini, semangat serigala dalam diri eIndonesia mulai mereda. Memang sepertinya kutukan besi adalah kutukan tampuk dan kesenangan.
Dinasti mongol yang liar dan memukau dunia pun bisa surut karena korupsi, ketamakan, dan kelewat enak bersanding di takhta.
Serigala generasi berikutnya yang lapar adalah Serbia dalam PHOENIX, tapi apa daya serigala ini kala dikelilingi serigala tua yang sudah kembung dan kekenyangan?
Mungkinkah serigala tua ini sebenernya Rusa?
Cara kita memandang game ini sudah keburu terlalu praktis, darah dihindari dan diplomasi dipentingkan. Memang diplomasi baru bisa berjalan kalau taring kita tajam, tapi semua melihat bahwa taring kita sudah tidak tajam lagi seperti dahulu.
Bahkan bangsa rusa pun berani mengangkat kepala dan menyepak kita tepat di muka,
Bangsa-bangsa kecil mulai bermekaran tapi pongah, padahal tidak lebih dari rusa (ataukah sebenarnya mereka calon serigala masa depan* siapa yang tahu)?
Dalam era akhir V1 ini, semoga kita semua sudi berpikir sejenak. Apa yang membuat bangsa kita begini gila dan bangsa kita yang pernah menjelajahi semua penjuru bumi ini, kecuali eropa barat, telah pelajari.
Ingatlah kata-kata seekor serigala tua ini, yang mengutip pujangga besar:

"Apakah tiga kebutuhan agar sebuah negara bertahan hidup?
1. makanan, 2. senjata, 3. semangat bangsa."

Jika salah satu disingkirkan, maka yang MASIH bisa disingkirkan dahulu adalah:
MAKANAN.

Jika salah satu lagi dipaksa disingkirkan, maka yang MASIH bisa disingkirkan adalah
SENJATA.

Tapi sebuah negara tanpa semangat juang adalah negara marmut, negara tikus.
Dan tikus lebih rendah dari rusa.
Rusa pun lebih rendah dari serigala.

Ingatlah bahwa kita dahulu adalah serigala. Ingatlah serigala dalam hati kita.
Kita bukan macan atau singa.
Kita serigala.
Sebab hanya serigala yang saling membantu dan memperhatikan dalam kelompoknya,
sementara macan dan singa semuanya egois.

Ingatlah akan semangat serigala.
Serigala yang selalu menawan hati dunia.
Hidup Indonesia(http://www.erepublik.com/en/article)
B. Kritik
1). Pengertian
Kritik, adalah analisis untuk menilai suatu karya seni atau karya sastra.(2010,http://id.answers.yahoo.com/)
2). Contoh:
Cerpen yang saudara tulis sebenarnya sangat menarik.
Sayangnya,bahasa dalam cerpen tersebut masih sangat sulit dipahami oleh si pembaca,dan masih banyak juga istilah-istilah yang sulit dipahami,masalahnya sebagian besar pembaca cerpen tersebut juga dari kalangan masyarakat biasa yang kurang tau juga tentang istilah- istilah dalam karya sastra.
Saran saya,sebaiknya saudara jangan terlalu sulit dalam menyusun istilah maupun bahasa dalam karya sastra yang saudara buat,sehingga masyarakat akan lebih mudah memahami cerpen tersebut.
Terima kasih.
C. Biografi
1). Pengertian
Biografi, adalah cerita tentang hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.(2010,http://id.answers.yahoo.com/)
2). Contoh: Biografi soekarno
Biografi sukarno adalah kumpulan data data kehidupan mantan presiden indonesia sekaligus yang pertama di indonesia , biografinya tidak bisa lengkap karena sumbernya sangat banyak dan juga takut salah untuk menulisnya di blog ini. mungkin secara singkat tentang Bapak soekarno bisa menjadikan gambaran untuk teman teman yang datang mengunjungi blog ini.BUKU George Kahin tentang gerakan nasionalisme di Indonesia, demikian resensi The New York Times menyambut karya itu awal tahun 50-an, pada hakikatnya adalah catatan mengenai perkembangan komunisme di Indonesia serta peranan Soekarno selama bagian pertama abad lalu. Karya Kahin merupakan penulisan buka ganda – pembaca disuguhi catatan tentang perkembangan nasionalisme Indonesia dan sekaligus kisah gerakan komunisme Indonesia. Kini muncul lagi buku yang dikerjakan oleh Lambert Giebels (63), seorang politikolog Belanda.Sekalipun Soekarno merupakan titik api perhatian Giebels, hasil karyanya itu seperti halnya buku Kahin mengenai perkembangan nasionalisme Indonesia, merupakan penulisan buka ganda juga. Bagi Giebels kisah Soekarno tak dapat dilepaskan dari perkembangan nasionalisme Indonesia hingga tercapai kemerdekaan. Sejak kemerdekaan Indonesia, lebih dari setengah abad lalu, sejumlah orang Belanda memang pernah menulis kisah-kisah mengenai Soekarno. Tetapi tak pernah dalam bentuk biografi seperti karya Lambert Giebels, yang pernah duduk dalam parlemen Belanda sebagai wakil Partai Buruh. Buah tangannya yang ber-judul “Soekarno – Nederlandsch onderdaan” atau “Soekarno-kawula Belanda” yang dipasarkan akhir tahun lalu, adalah bagian pertama dari dua buku riwayat hidup mantan presiden itu, dari lahir (1901) sampai 1950 ketika ia menjadiBiografi Soekarno Terbaru Penulisan Subjek Ganda — Minggu, 19 Maret 2000 orang pertama di Indonesia. Bagian kedua masih dalam persiapan dan menurut rencana akan terbit dalam waktu dekat. Dalam risetnya yang memakan waktu hampir tujuh tahun, Giebels menemukan, Soekarno adalah seorang tokoh yang penuh pertentangan dengan belasan macam sisi pribadi yang saling bertolak belakang. Sisi positif maupun negatif itu, dibeberkan Giebels dengan hidup dan diwarnai dialog-dialog menarik. Dalam sejarah Indonesia -sejak Sukarno melibatkan diri dalam politik sampai memimpin negara ini sebagai presiden pertama-bukan saja berperan sebagai sutradara, khususnya selama dan menjelang revolusi fisik, tetapi sekaligus juga pelaku utamanya. Ambil misalnya “keterli-batan” Soekarno dalam pengerahan romusha ketika Indonesia diduduki tentara Jepang. Ia-khususnya di Belanda- diberi cap kolaborasi dan dijejerkan dengan orang-orang Belanda yang selama Perang Dunia Kedua bekerja sama dengan Nazi Jerman.Mengenai peranannya itu Soekarno mengatakan kepada Cindy Adams, penulis pertama yang menulis biografi Soekarno, bahwa ia “tak segan-segan mengorbankan ribuan orang untuk menyelamatkan jutaan lainnya.” sumber ( kompas).
(http://www.membuatblog.web.id/2010/03)
D. Otobiografi
1). Pengertian
Otobiografi, adalah biografi yang ditulis oleh tokohnya sendiri.(2010,http://id.answers.yahoo.com/)
2). Contoh:
Saya yang bernama;
Nama : Rizqi Dwi Kurniawan
Tempat / tanggal lahir : Tegal, 14 Januari 1991
Alamat : Jl. Kh abdul gofur RT 03/02 Desa Pagongan, Kec Dukuhturi,
Kab Tegal.
Hobby : Balap Motor

1. Sejarah pribadi usia dibawah
20 tahun, saya tinggail di Tegal, bersama orang tua saya.
2. Sekolah sebelumnya untuk masuk ke perguruan tinggi
Sekolah dasar MI Ikhsaniah Debong Tengah
Tahun 1997 tamat tahun 2003 melanjutkan ke


Sekolah Menengah Pertama SMP 15 Tegal
Tahun 2003 tamat 2006 melanjutkan ke


Sekolah Teknik Mesin Muhammadiyah ! Tegal
Tahun 2006 tamat tahun 2009
Jurusan Teknik Mekatronika
E. Memoar
1). Pengertian
Memoar, adalah sebuah otobiografi, yakni riwayat yang ditulis oleh tokohnya sendiri. Bedanya ,memoir membatasi diri pada sepenggal pengalaman tokohnya,misalnya peristiwa-peristiwa yang dialami tokoh selama perang dunia kedua.
2). Contoh:
Cahaya di Kalbuku (Pipiet Senja), 168 Jam dalam Sandera (Meutya Hafid), Menggenggam Dunia, Bukuku Hatiku (Gola Gong), The Other Side of Me (Sidney Sheldon), Jakarta Underkompor: Sebuah Memoar Garing (Arham Kendari), Memoar Hasan Al-Banna untuk Dakwah dan Para Da’inya (Hasan Al-Banna), dan Memoar Pulau Buru (Hersri Setiawan).


Ditulis dengan tergesa untuk didiskusikan pada Forum Non Fiksi
FLP Yogyakarta, Selasa, 9 Juni 2oo9 09:54 a.m.
F. Sejarah
1). Pengertian
Sejarah, adalah cerita tentang zaman lampau suatu masyarakat berdasarkan sumber tertulis maupun tidak tertulis.(2010,http://id.answers.yahoo.com/)
2). Contoh:
  • Sejarah G30S PKI.
  • Sejarah masuknya Islam di Indonesia.
G. Catatan harian
1). Pengertian
Catatan harian, adalah catataan seseorang tentang dirinya atau lingkungannya yang ditulis secara teratur.(2010http://id.answers.yahoo.com/)
2). Contoh:
Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri **

Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan
mempunyai nilai yang indah.

Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi
persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan bertumbuh bersama karenanya...

Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi,
demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya..

Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman
suka dan duka, dihibur - disakiti, diperhatikan -
dikecewakan, didengar - diabaikan,
dibantu - ditolak, namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian..

Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk
menghindari perselisihan, justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya.

Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman, tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah.

Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha
pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain, tetapi justru ia berinisiatif memberikan dan
mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya.
Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya, karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis.

Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya.
Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya.

Ingatlah kapan terakhir kali anda berada dalam kesulitan. Siapa yang berada di samping anda ???
Siapa yang mengasihi anda saat anda merasa tidak dicintai ??
Siapa yang ingin bersama anda
saat anda tak bisa memberikan apa-apa ??

MEREKALAH SAHABAT ANDA
Hargai dan peliharalah selalu persahabatan anda
dengan mereka.
(rosalina,ayu2010,http://catatan-harianq.blogspot.com/2010/04/)
H. Surat-surat
1). Pengertian
Surat-surat, adalah sebuah karya sastra yang dibuat berdasarkan sumber dan data yang pasti dan benar atau asli.
2). Contoh:
CONTOH SURAT PERMOHONAN
Tangerang, 5-2-2007
No :
Hal : Permohonan bantuan korban banjir
Lamp :


Kepada Yth
Bapak/Ibu Warga
Perumaham Poris indah Blolk C
Di tempat


Dengan hormat
Mengingat banyaknya saudara kita yang terkena musibah akibat banjir, maka Izinkanlah kami selaku RISMAYA mengharapkan bantuan dan partisipasi seluruh waraga Perum poris Indah Blok C khususnya yang bertujuan untuk meringankan beban yang dialami saudara-saudara kita.
Adapun jenis sumbangan yang kami himpun tergantung keikhlasan Bapak/Ibu sekalian. Kami menerima apapun bentuknya baik materi maupun non materi, Hasil sumbangan yang kami himpun akan kami salurkan langsung kepada yang bersangkutan di…………………………..
Demikianlah surat yang kami buat ini, agar menjadi pertimbangan bapak/ibu/saudara/I sekalian untuk membantu saudara kita, Sedikit bantuan dari kita tentu sangat berarti buat mereka. Terimakasih atas bantuan bapak/ibu/saudara/I
Semoga amal bapak/ibu/saudara/I diterima di sisi Tuhan YME


Ketua Rw 06 Ketua DKM Ketua RISMAYA
Masjid Ainal Yaqin(Abdul Hayat M. Enuh Edy Kuswanto1\201:http://yudhim.blogspot.com/2008/01)
2. Sastra imajinatif
Sastra imajinatif adalah sastra yang berupaya untuk menerangkan, menjelaskan, memahami, membuka pandangan baru, dan memberikan makna realitas kehidupan agar manusia lebih mengerti dan bersikap yang semestinya terhadap realitas kehidupan. Dengan kata lain, sastra imajinatif berupaya menyempurnakan realitas kehidupan walaupun sebenarnya fakta atau realitas kehidupan sehari-hari tidak begitu penting dalam sastra imajinatif.
Jenis-jenis tersebut antara lain puisi, fiksi atau prosa naratif, dan drama. Puisi dapat dikelompokkan menjadi tiga, yakni puisi epik, puisi lirik, dan puisi dramatik. Fiksi atau prosa naratif terbagi atas tiga genre, yakni novel atau roman, cerita pendek (cerpen), dan novelet (novel “pendek”). Drama adalah karya sastra yang mengungkapkan cerita melalui dialog-dialog para tokohnya
Pada akhirnya, semua pembahasan mengenai sastra imajinatif ini harus bermuara pada bagaimana cara memahami ketiga jenis sastra imajinatif tersebut secara komprehensif. Tanpa adanya pemahaman ini, apa yang dipelajari dalam hakikat dan jenis sastra imajinatif ini hanya sekadar hiasan ilmu yang akan cepat pudar.(Sumarjo, Jakob dan Saini, K. M. (1991). Apresiasi Kesustraan. Jakarta: Gramedia.)
Bentuk karya sastra yang termasuk sastra imajinatif adalah ;
A. Puisi
1). Pengertian
Secara etimologis istilah puisi berasal dari kata bahasa Yunani poesis, yang berarti membangun, membentuk, membuat, menciptakan. Sedangkan kata poet dalam tradisi Yunani Kuno berarti orang yang mencipta melalui imajinasinya(abdur rosyid2009 http://abdurrosyid.wordpress.com)
2). Jenis-jenis Puisi
a). Puisi Dramatik :
Puisi yang memiliki persyaratan dramatik yang menekankan tikaian emosional atau situasi yang tegang, umunya secara objektif menggambarkan perilaku seseorang, baik lewat lakuan, dialog, maupun monolog.
Contoh : “Aku” karya Chairil Anwar
b). Puisi Lirik :
Puisi yang memiliki persyaratan melodius dan kadang dibawakan,
sang penyair sendiri , dan diringi music sebagai sebuah karya.
Contoh: Sajak Kecil Tentang Cinta
mencintai angin harus menjadi siut
mencintai air harus menjadi ricik
mencintai gunung harus menjadi terjal
mencintai api harus menjadi jilat
mencintai cakrawala harus menebas jarak
mencintaiMu(mu) harus menjadi aku
(Sapardi Djoko Damono)
c). Puisi Epik :
Puisi yang biasanya selalu dikaitkan dengan kisah-kisah klasik peperangan dan kepahlawanan yang menakjubkan dan sarat dengan pesan moral.
Contoh: “Kemerdekaan” karya Toto sudarto bahtiar


B. Prosa Fiksi
1). Jenis-jenis Prosa Fiksi :
a). Novel
Novel adalah bentuk sastra yang paling popular di dunia. Bentuk sastra ini paling banyak dicetak dan paling banyak beredar, lantaran daya komunitasnya yang luas pada masyarakat. (Jakob Sumardjo Drs 1991,http://sobatbaru.blogspot.com)
Contoh:
  • Tawaran Menu Berbuka Puasa di Jalan Veteran
  • Narsis pada remaja
  • Ucapan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 2010
Sumber contoh novel:
(2009,http://www.ngajari.com/search/contoh+judul+novel+tema+masyarakat)
b). Cerpen
Cerpen adalah cerita yang banyaknya perkataan yang dipakai: antara 500-20.000 kata, adanya satu plot, adanya satu watak, dan adanya satu kesan.(A. Bakar Hamid2009 http://nepastasocialcomunit.blogspot.com)
Contoh:
  • Aduhai - Fatimah Busu
  • Antologi Cerpen 12! - Alumni MPR
  • Antologi Cerpen 9! - Alumni MPR
  • Antologi Kacak Jelita - Alumni MPR
  • Apa Kau Cari? - Azman Hussin
  • Arah Ke Selatan - Zakaria Ali
  • Ayah Kita Bos - Tok Rimau & Sinaganaga
  • Badrul Bambi - Raihani Mohd Saaid
  • Cinta Sangkuriang Rindu Oedipus - Nisah Haji Haron
  • Impian Tsi Ryi - Nisah Haji Haron
  • Keajaiban Alam - Fatimah Busu
  • Keinginan Kecil Di Celah Daun - Saroja Theavy
  • Kekasih Sam Po Bo - Faisal Tehrani
  • Lagi Cerpen-Cerpen Underground - Faisal Tehrani
  • Masuk Barisan - Jigo, Attokz dan Basri
  • Pakej Sasterawan
  • Penawar - Aminah Mokhtar
  • Sekeping Ruh Di Atas Bantal - S.M. Zakir
  • Suara Generasi Baru 2 - Shahrun Nizal Mohd Nor
  • Suara Generasi Baru 3 - Shahrun Nizal Mohd Nor
(2010,http://www.ujanailmu.com.my/cat_kumpulan.cfm)
c). Novelet
Novelet adalah cerita berbentuk prosa yang panjangnya antara novel dan cerita pendek. bentuk novelette juga sering disebut sebagai cerita pendek yang panjang saja.
Contoh:
  • pernikahan ungu. (http://www.sastra-indonesia.com/2008/07/novelet-krt-rpa-suryanto-sastroatmodjo/)
  • Habiburrahman El Shirazy dengan judul “Dalam Mihrab Cinta (Novelet Pembangun Jiwa) (Dian 2007,http://cambai.multiply.com/reviews/item/8).


C. Drama
1). Pengertian
Drama adalah suatu aksi atau perbuatan (bahasa yunani). Sedangkan dramatik adalah jenis karangan yang dipertunjukkan dalan suatu tingkah laku, mimik dan perbuatan. Sandiwara adalah sebutan lain dari drama di mana sandi adalah rahasia dan wara adalah pelajaran. Orang yang memainkan drama disebut aktor atau lakon.(2010,http://organisasi.org/)
2). Jenis-jenis Drama;
a). Drama Prosa
Drama Prosa adalah adalah bentuk karya satra yang di peragakan/di pentaskan yang berbentuk sandiwara.
(2008.http://organisasi.org/arti-definisi-pengertian-drama-dan-jenis-macam-drama-pelajaran-bahasa-indonesia)
Jenis-jenis Drama Prosa ;
Drama komedi adalah drama yang lucu dan menggelitik penuh keceriaan.
(2008.http://organisasi.org/arti-definisi-pengertian-drama-dan-jenis-macam-drama-pelajaran-ahasaindonesia)
Contoh: dapur cerita
(http://dapurcerita.blogspot.com/2009/02/mari-belajar-menulis-skenario-sinetron.html)
Drama tragedi adalah drama yang ceritanya sedih penuh kemalangan.(2008.http://organisasi.org/arti-definisi-pengertian-drama-dan-jenis-macam-drama-pelajaran-bahasa-indonesia)
Contoh: Drama tragedy kekuasaan
(anneahira.2010:http://www.anneahira.com/Macbeth.html)
Drama melodrama adalah drama yang ada sedih dan ada lucunya.(2008.http://organisasi.org/arti-definisi-pengertian-drama-dan-jenis-macam-drama-pelajaran-bahasa-indonesia)
Contoh: melodrama senja oleh:Prof. Dr. Deddy Mulyana, M.A
(http://embunselabintana.blogspot.com/2008/02/sowan.html)
b). Drama Puisi
Drama Puisi adalah aksi atau perbuatan yang dipertunjukkan dalam suatu tingkah laku dan perbuatan.
(2008.http://organisasi.org/arti-definisi-pengertian-drama-dan-jenis-macam-drama-pelajaran-bahasa-indonesia)
Contoh:
Pun .........
Derap langkah kian berjubal
Ciptakan hamparan debu
Warnai udara nan letih
Larik masa tak lagi bersapa
Acuhkan rangkain musibah
Tak hirau akan tangis, lapar, perih
Hingga lubang derita kian menganga
Haruskah merangkak dengan derai peluh
Demi mendaki bukit kemilau
Siapalah yang mampu melangkah di atas kerikil nan tajam
Apalagi sosok ini
Mengapa jalan berduriku belum berujung
Tuhan ........
Begitu terjal hidup
( Semanggi )

Hidup bukanlah tempat meranggas duka, Semanggi
Bukan pula tempat keluh
Hidup itu keyakinan dan perjuangan
Tetaplah berdiri meski kaki menginjak duri
Masih ada angin belai sukma
Masih ada cinta bisa di rasa
Mentari kan luluhkan beku pagi
Ayunkan tapak langkah
Menyongsong hari yang lebih cerah
( Nirwana ).(asmaul azizah2006,http://asmaul-azizah.blogspot.com/2006/07/drama-puisi-victory.html).


1 komentar: