Kamis, 10 Juni 2010

Contoh Pidato

TUGAS PIDATO



RIZQI DWI KURNIAWAN

PBSID / 2c



Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,

Yang terhormat Bapak rektor Universitas Pancasakti.
Yang terhormat Bapak wakil rektor Universitas Pancasakti.
Yang terhormat para dosen Universitas Pancasakti,
Beserta seluruh teman-teman Mahasiswa Universitas Pancasakti yang berbahagia.
Salam sejahtera
Puji Syukur saya ucapkan kepada Tuhan YME atas segala karunia-Nya, Saya juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya menyelenggarakan acara ini. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung acara ini.

Sebelum saya memulai berpidato saya ingin menyampaikan batasan masalah yang akan saya sampaikan didalam pidato hari ini, yakni diantaranya ; perkembangan bahasa indonesia di zaman modern

Disetiap belahan dunia di bumi ini di pastikan memiliki suatu bahasa untuk mempermudah terjalinnya komunikasi antar individu maupun negara.Dan indonesia pun sama memiliki suatu bahasa yaitu bahasa indonesia yang digunakan sebagai alat komunikasi.Di indonesia banyak sekali ditemukan bahasa-bahasa setiap daerah memiliki kosa kata dan pengembangan bahasa masing-masing.tetapi tetap pada satu kesatuan serta satu negara biasanya mereka menyebutnya bahasa nasional yaitu bahasa yang dapat di gunakan pada setiap daerah mana pun yang masih termasuk pada negara yang sama.

Semakin majunya zaman serta semakin berkembangnya suatu negara maka semakin banyak suatu pambiasan bahasa.Dari bahasa baku merubah kebiasaan menjadi bahasa “gaul”.biasanya bahasa-bahasa yang sudah benar susunannya menjadi tidak terarah.yaitu dengan semakin jarangnya kita menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar maka bahasa kita dapat terkontaminasi atau tercampur dengan bahasa-bahasa yang asing yang masuk melalui perkembangan zaman yang memaksa kita untuk semakin cepat mengikuti perkembangan zaman.

Bahasa saat ini di indonesia sangatlah harus diperhatikan kita mulai dari sekarang harus menyadari betapa pentingnya suatu bahasa pada suatu negar ini adalah sebuah identitas yang sangat berharga yang seharusnya semakin kita pelajari dan mengatahuinya.Walaupun banyak sekali budaya asing yang masuk bukan berarti semakin rontoknya bahasa kita.pembiasan suatu bahasa di zaman modern ini sangatlah mencolok.Dari anak-anak muda saat ini lebih banyak menggunakan bahasa kiasan yang menurut mereka itu mengikuti perkembangan zaman.

Banyak sekali faktor-faktor yang membuat anak-anak muda zaman sekarang banyak menggunakan bahasa kiasan serta banyak sekali penjabaran-penjabaran kalimat yang begitu variasi.Dari faktor pergaulan sangatlah mendorong agar kita terlihat mengikuti perkembangan zaman yang saat ini banyak tejadi dimana saja tanpa pandang umur bulu.Semuanya dapat terkena virus budaya bangsa lain.

Dinegara kita sendiri bahasa indonesia yang baik dan benar tetap dipelajari tetapi suatu pengembangan bahasa tidak dapat dipungkiri lagi.Budaya asing sudah masuk dan pemerintahan pun tidak membatasi budaya asing yang masuk.Jadi kembali pada diri kita masing-masing agar tetap dapat terkontrol dengan baik.Supaya identitas negara kita tetap bertahan maupun banyak sekali pengaruh budaya asing di negara indonesia ini.Ada banyak sekali cara untuk mempertahan kan bahasa indonesia yang baik danbenar.

Kita juga tidak boleh semata mata menyalahkan budaya asing.Melainkan dari diri kita pribadi banyak terjadi pada era kini.bahasa kiasan lebih banyak diminati seperticontohnya:

Gue yang mengartikan diri kita sendiri sedangkan bahasa yang sebenarnya yaitu saya.

Loe yang memiliki makna kamu yang lebih sering digunakan atau diminati anak-anak zaman sekarang.

Masih banyak sekali contoh yang dapat kita ambil itu hanya sebagian kecilnya contoh lebih berkurangnya penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar.sampai detik ini hal-hal yang baru pun semakin banyak bermunculan yaitu menandakan semakin banyak lagi pengembanganbahasa yang sebenarnya menjadi suatu bahasa yang lebih fleksibel untukdidengar ditelinga kita.

Oleh karena itu kita seharusnya lebih dapat menggunakan bahasa sesuai dengan tempatnya setidaknya kita juga tidak membuat bahasa asli kita menjadi bahasa yang susah maupun jarang dipergunakan sehari-hari.tetapi ada porsi tersendiri antara bahasa nasional dengan pengembangan bahasa yang mengikuti perkembangan zaman. Pengembangan bahasa yang sebenarnya sangat mencolok di daerah daerah besar contohnya di ibu kota.Mulai saat ini kita semestinya belajar membiasakan diri kita menggunakan bahasa indonesia.

Demikian sambutan kami dalam Sidang Paripurna ini. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kesabaran para hadirin mengikutinya.

0 komentar:

To Use A Smiley In Your Comment, Simply Add The Characters Beside Your Choosen Smiley To The Comment:
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Grab Smily Gadget

Posting Komentar